Galeri

Labirin kehidupan alih-alih pancasila

oleh: Yongki Aleksander

Sejak dahulu, para pendiri bangsa telah menjadikan Pancasila sebagai dasar Negara Indonesia dan masih berlaku sampai sekarang. Pancasila juga dijadikan sebagai ideologi bangsa yang akan menjadi pedoman demi kelangsungan hidup negara, merupakan konsep dasar negara Indonesia merdeka. Kemerdekaan itu sendiri diraih bukan tanpa usaha sama sekali. Melainkan direnggut dengan mengorbankan banyak nyawa, terjadinya pertumpahan darah dan pertempuran dimana-mana. Kondisi Indonesia pada saat itu sangatlah mencekam. Namun demi mendirikan suatu Negara yang berlandaskan Pancasila, para pejuang terdahulu rela berkorban demi mewujudkan keinginan tersebut agar menciptakan kondisi suatu negara dimana semua rakyatnya dapat hidup dengan damai. Oleh karena itu, setelah Indonesia merdeka Pancasila juga merupakan kepribadian bangsa untuk mewujudkan salah satu tujuan yakni menciptakan perdamaian.

Sila-sila yang terkandung dalam pancasila tela mewakili semua nilai dan norma kehidupan yang ada. Mulai dari norma dan nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, serta keadilan. Inilah yang akan menjadi sumber untuk mempertahankan negara Indonesia. Pancasila juga disebut falsafah hidup, dengan kata lain merupakan suatu ideologi yang harus ditanamkan kedalam diri dan jiwa setiap warga negara agar nilai—nilai pancasila tidak hilang begitu saja seiring perkembangan zaman. Selain memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, Pancasila juga berpengaruh pada kehidupan bangsa pasca kemerdekaan. Mulai dari perjuangan mempertahankan kemerdekaan dari sekutu setelah Indonesia merdeka sampai proses pembangunan negara di era modern.

Dengan disertai Undang—Undang yang mengandung nilai—nilai dasar pancasila, Indoensia telah membuktikan kesaktian Pancasila sebagai pembentuk karakter bangsa yang menjadikan Indonesia negara yang demokratis berdasarkan asas keadilan. Menciptakan perdamaian dunia sebagaimana disebutkan dalam UUD, serta mewujudkan kehidupan yang bebas dan merdeka. Cakupan Pancasila sangatlah luas sehingga menjadikannya sumber dari segala sumber kehidupan. Pancasial juga mampu mengangkat harkat dan martabat bangsa karena mengandung nilai—nilai keluhuran yang tinggi. Sikap positif seperti rasa kemanusiaan, menggerakkan rakyat Indonesia untuk keluar dari keterpurukan, penindasan serta ketidakadilan yang dilakukan oleh penjajah di masa lalu. Oleh karena itu, berbagai perlawanan pun dilakukan untuk mengusir penjajah demi menegakkan keadilan yang berperikemanusiaan dan beradab.

Perjuangan pergerakan Indonesia di dunia modern yakni melalui proses pembangunan. Kita tidak bisa hanya berdiam diri kemudian menikmati hasil dari kemerdekaan yang Indonesia raih. Saat ini, negara kita masih harus berjuang untuk membangun negeri dari berbagai bidang berdasarkan asas—asas Pancasila dalam mencapai sasaran pembangunan. Dimulai dari membangun watak dan moral individu yang berlandaskan Pancasila hingga pembangunan nasional secara menyeluruh untuk kehidupan bangsa di masa mendatang. Karena watak dan moral menjadi faktor utama yang mendorong kemampuan, akal pikiran, ilmu pengetahuan dan teknologi dalam melaksanakan pembangunan. Karenanya, Indonesia harus berjuang menumpas kemiskinan serta meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s